Minggu, 16 Oktober 2011

Weekend Happiness Part 1: BROWNIES :D

hello, webworld!! :D


Weekend ini saya seneng deh. Ya, seneng luar biasa! hehe. Bukan karena jatuh cinta, atau dapet undian di majalah, tapi karena MEMASAK. Suatu kegiatan yang jarang banget bisa dilakukan pas koas gini. Bisa sih kalo dipaksakan, tapi sayangnya capeknya sendiri udah mengalahkan mood buat masak. Sad, right? :( Sebenernya saya ngga terlalu hobi memasak yang pake minyak-minyakan. Saya lebih suka baking: bikin kue, bikin cookies. Hobi ini udah mulai tumbuh sejak saya SMA. Awal mulanya karena saya tu seneng banget makan brownies. Trus mama saya suka bikinin itu kalo saya liburan sekolah. Lama-lama penasaran juga pengen bikin sendiri. 


jadi inget topi di kamar op-nya RS Purworejo deh.hehe


Masak itu asik, menurut saya. I feel like finding my new world. Kalo saya lagi banyak pikiran dan jenuh, salah satu pelarian saya ya kesini. Buka buku kumpulan resep, ngecek-belanja bahan-bahan, baking, kuenya mateng, .... and VIOLA! Mood saya pasti seketika itu juga bakalan bagus lagi. Lebih-lebih kalo orang yang makan hasil karya saya memuji :) Lebih-Lebih seneng lagi kalo orang yang memuji itu orang yang saya suka :") Jadi sebenernya, masak bisa sebagai ungkapan perasaan juga. hehe.. Contohnya ya itu, when we love someone, we tend to be a 'chef' for him. Termasuk saya ;)


Dari sekian banyak resep yang saya coba (padahal baru coba BEBERAPA resep! haha), saya paling suka bikin brownies. Cara bikinnya ngga terlalu sulit, bahan-bahannya juga ga terlalu mahal (saya udah nemu resep yang ekonomis ;)), dan rasanya enyakkk! Dan dan, brownies inilah yang akhirnya bisa bikin saya seneng luar biasa di weekend ini. Waktu saya liat hasilnya tu saya langsung mikir, 'ya Allah kenapa ga daridulu aja bakingnya. Pasti koas jadi lebih asik deh'. 
double brownies on the weekend

Cara bikinnya ngga susah kok, kayak gini (resepnya saya ambil dr internet, dengan sedikit modifikasi dari saya):


Bahan-bahan:
4butir   telur ayam
250gr    gula pasir
1/2sdt   vanila bubuk
200gr    margarin, lelehkan
125gr    coklat masak, cincang kecil-kecil (Saya sarankan memakai dark chocolate-nya colatta, so far paling enak itu sih. Untuk banyaknya, 125gr is okay. Maksudnya buat orang-orang yang ga maniak coklat, segitu aja udah pas rasa coklatnya. Tapi kalo pengen rasa coklatnya lebih legit dan lebih kerasa, ukurannya bisa ditambah sesuai selera ;))
200gr   tepung terigu segitiga biru
50gr     coklat bubuk
(Tepung terigu sama coklat bubuknya dicampur ya)
Toping secukupnya: kacang almond, sprinkle (permen super imut warna-warni), keju, kacang mete, dll.


Steps:
1. Siapkan loyang (Ukuran sesuai selera. Bisa pakai ukuran 10x25cm (jadinya 2 loyang) atau 20x20cm). Semir dengan  margarin dan taburi sedikit tepung, sisihkan.
2. Taruh telur, gula, dan vanili dalam wadah. Kocok hingga gula larut dan menjadi agak kental.
3. Masukkan coklat cincang ke dalam margarin yang sudah dilelehkan (masi panas ya margarinnya). Aduk hingga coklat meleleh dan tercampur dengan margarin.
4. Masukkan campurang tepung terigu bergantian dengan margarin+coklat ke dalam adonan telur secara bertahap. Aduk rata.
5. Tuang campuran adonan ke dalam loyang, ratakan.
6. Taburi permukaan adonan dengan toping (kalo punya saya tu pake kacang almond n sprinkle).
7. Panggang dalam oven dengan suhu 180 derajat selama 30 menit hingga matang dan permukaannya kering. Angkat dan dinginkan.
8. Potong brownies sesuai selera. Sajikan :D


So that's it, web world. Feel free to try lho ;)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar